Rabu, 17 Maret 2010

Google Secret - Mencapai TOP 10 Ranking


Semua pengguna internet dari segala golongan pasti mengetahui pentingnya suatu website terindex bahkan memiliki rangking yang tinggi pada suatu search engine. Fakta menyebutkan "Jika website tertentu tidak masuk 30 besar pada suatu search engine, maka akan sulit untuk memperoleh pengunjung. Dan fakta lain menyebutkan, capaian 30 besar tenyata masih belum cukup, mengingat sebagian besar pengguna seacrh engine hanya tertarik pada halaman pertama hasil pencarian (rangking 1 s.d 10). Dan jika suatu website berada pada rangking 10 besar maka dapat dipaastikan bahwa jumlah pengunjungnya akan tinggi"(1).
Google merupakan salah satu search engine yang paling diminati pengguna jasa internet. Fakta menyebutkan , "Jika suatu website berada pada rangkin 10 besar google maka jumlah traffik yang masuk pada website tersebut dapat diapastikan aakn terus meningkat"(1).

Oke lansung saja saya mulai penjelasannya.
1. Bagaimana cara kerja google
Jika kita ingin website kita terindex di google dengan rangking yang tinggi, tentunya pertama-tama kita harus tahu dulu bagaimana cara google mengindex suatu website.
Prinsip kerja google sebenarnya tidak jauh berbeda dengan search engine lain, google menggunakan sebuat software untuk melakukan proses indexing secara otomatis, sehingga perlu diperhatikan infromasi seperti gambar, video, animasi flash dan gambaran visual yang lain tidak akan diperhatikan oleh google. (bagaimana google melakukan indexing untuk file multimedia akan saya jelaskan pada posting berikutnya).
Google menggunakan suatu program yang biasa disebut spider/robots/bots untuk melakukan index, program ini membaca tiap halaman web dan melakukan indexing mulai dari halaman muka. Catatan "Google tidak akan pernah mengindex website yang tidak ada link dari website lain ke dalam web tersebut". Jadi usahakan untuk melakukan tukar-menukar link dengan wbsite lain yang lebih dahulu terindex oleh google.

Google sendiri memiliki 2 macam metode pengindexan, yaitu Deep Crawl dan Fresh Crawl. Proses Deep Crawl dilakukan tiap bulan satu kali tiap minggu terakhir pada akhir bulan oleh Googlebot. Deep Crowl melakukan proses indexing menyeluruh pada semua website yang ada, sehigga proses ini biasanya memakan waktu hingga 1 minggu. Dan yang kedua adalah Fresh Crawl dilakukan oleh Freshbot, dna dilakukan beberapa kali tiap minggu, tergantung bagaimana google meilihat tingkat kepentingan suatu website, semakin penting content suatu website menurut google maka akan semakin sering website tersebut dikunjungi. Catatan "Pemilihan web hosting yang baik berpengaruh pada proses crawl google, karena jika Googlebot maupun Freshboot mengunjungi suatu website, dan website tersebut ternyata dalam kondisi down, maka google tidak akan melakukan index s.d proses index berikutnya".

2.Bagaimana Google merangking suatu website
Google menggunakan suatu algoritma indexing yang terdiri atas lebih dari 100 kriteria untuk mengindex suatu website (1). Dimana kriteria itu terus diupdate, sehigga suatu website harus terus dilakukan optimasi sesuai dengan kriteria google.
Algoritma perangkingan google dapat dibagi atas 2 macam :
a. Keyword
Hal ini menyangkut mengenai kapan, dimana dan bagaimana keyword ini digunakan. Dalam artian pemilihan keyword yang baik yang mendiskripsikan isi dari suatuwebsite.
b. Page Rank(Link)
Hal ini menyangkut dua hal yakni jumlah dan kualitas link yang masuk ke dalam suatu website. Link mengindikasikan seberapa pening suatu website tersebut. Dapat disimpulkan bahwa google akan mencari, mengindex, dan merangking suatu website berdasarkan seberapa penting dan relevant suatu website.

3. Apa yang dicari oleh google
Ada 5 hal yang perlu diperhatikan, karena inilah yang dicari google ketika melakukan proses pengindexan :
  1. Keyword yang digunakan sebagai judul halaman (yaitu antara tag title)
  2. Keyword yang digunakan untuk menandai judul post dengan isi post (penggunaan tag H1)
  3. Keyword yang digunakan pada link baik pada website itu sendiri maupun pada website lain (jika melakukan tukar menukar link)
  4. Page Rank/ Link, yakni jumlah link masuk dari website lain (secara kualitas maupun kuantitas)
  5. Jumlah kata, minimal 200 dan tingkat kerelevanan antara isi dengan judul posting.
Dalam hal pemilihan keyword kita dapat menggunakan dua macam cara :
  1. Menggunakan tools yang disediakan oleh suatu website SEO yakni di http://www.wordtracker.com
  2. Dengan melakukan analisa terhadap website trafik statistik. Yakni dengan melihat apa saja query yang paling sering digunakan oleh user ketika mengakses website kita. Website ini khusus melakukan penelitian tentang keyword untuk optimasi website.
Ada banyak metode lain yang dapat digunakan untuk menungkatkan posisi di google, salah sutunya adalah dengan memasukkannya ke dalam direktory. karena pembahasan mengenai direktori ini cukup panjang maka akan saya sertakan pada posting berikutnya.

Selamat mencoba.
Daftar Pustaka :
[1]. Sission, Dan, 2004. Google Secrets-How to Get a Top 10 Ranking. Redmond Way, Blue Moose Webworks Inc.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Google Secret - Mencapai TOP 10 Ranking"

Posting Komentar