Rabu, 17 Maret 2010

Membangun Website yang Baik


Seperti yang sudah saya janjikan pada posting sebelumnya disini saya akan membahas tentang bagamana membangun suatu website yang baik, dimana bertujuan agar website yang kita bangun pada nantinya akan dengan mudah terindex oleh search engine. Ada 3 aspek penting dalam pembangunan sebuah website yang mesti kita perhatikan :

1. Design antarmuka dan isi
Tampilan atau antarmuka website merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, karena bagaimanapun user akan menilai sebuah website pertama kali melalui tampilan antarmuka. Dalam membangun design antarmuka terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan, diantaranya :
  1. Buat tampilan design interface semenarik munkin.
  2. Tampilan awal / design interface sebisa munkin mencerminkan content / isi dari website tersebut.
  3. Gunakan animasi seperlunya saja, jangan berlebihan, karena animasi seperti flash akan membutuhkan bandwidth extra untuk ditampilkan di webbrowser (user biasanya lebih menyukai website yang responsif).
  4. Pada halaman home tampilkan informasi yang menggambarkan keseluruhan isi website.
  5. Jika website memiliki banyak menu, gunakan pengelompokan (heirarki / category) agar user lebih mudah dalam pengoperasian website.
Berikutnya adalah masalah isi / content dari website :
  1. Usahakan agar informasi ditampilkan dengan lugas, tidak berbelit-belit.
  2. Jika website tersebut memiliki proses bisnis, mis : e-commerce, usahakan agar user dapat mengerti dengan mudah proses bisnis pada website tersebut.
  3. Do it right, artinya hindari kesalahan dalam proses bisnis website, apalagi kesalahan ini dapat merugikan user, karena kesalahan sekecil apapun dapat menurunkan kredebilitas sebuah website.
  4. Get sticky, maksutnya disini adalah pembentukan brand website itu sendiri, buat website dengan ide yang unik, berbeda dengan website yang lain.
  5. Create credibility, agar website kita kelihatan kredibel, usahakan agar informasi yang kita masukkan benar-benar dari sumber yang terpercaya. Jika website tersebut berbentuk e-commerce maka buat sebuah kantor / tempat pemasaran yang real, sehingga user selain dapat melakukan transaksi secara online juga dapat mengunjungi toko tersebut secara langsung. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan user.
  6. Make it compatible, dari segi programmer source code, buat website yang kompatibel / mendukung dengan segala jenis PC , browser, Sytem Operasi, karena sesungguhnya kita tidak tahu user mengakses website kita dengan perangkat seperti apa.
2. Petunjuk teknis
  1. Gunakan browser teks seperti Lynx untuk memeriksa situs anda, karena kebanyakan search engine boots menganalisa situs anda seperti Lynx. Jika fitur khusus seperti JavaScript, cookie, session ID, frame, DHTML, atau Flash menghalangi pengaksesan informasi text dalam website tersebut, maka perlu dilakukan pengecekan kembali terhadap fitur tersebut, mengingat boots searche engine hanya dapat mengakses informasi yang sifatnya text saja.
  2. Izinkan web crawl untuk mengakses website anda, jika perlu buatkan sitemap (biasanya berupa file XML) yang membantu mempermudah web crawl untuk melakukan indexing terhadap situs anda (pada CMS biasanya sudah tersedia).
  3. Pastikan web server anda mendukung If-Modified-Since HTTP header, fitur ini memberikan informasi kepada Google jika terdapat perubahan isi dalam website anda.
  4. Gunakan file robots.txt untuk menghindari pengaksesan oleh web crawl dari search engine ke bagian-bagian yang seharusnya ridak boleh diakses (mis. halaman administrator, halaman informasi penting yang membutuhkan otoritas khusus untuk pengaksesannya)
  5. Jika menggunakan CMS, pastikan link dalam CMS tersebut dapat di crawl oleh seacrh engine.
3. Kualitas
A. Prinsip dasar
  1. Buat website dengan menitikberatkan pada kenyamanan user, bukan search engine. Jangan menipu pengguna anda atau memberikan content yang berbeda antara tampilan user dan infromasi yang diberikan kepada search engine, yang umumnya disebut sebagai "cloaking."
  2. Hindari penggunaan trik-trik yang illegal demi meningkatkan page rank di mesin pencari, ingat segala bentuk pelanggaran akan dikenakan sangsi. Silakan liat Webmaster Quality Guidelines.
  3. Hindari penggunaan program-program yang berfungsi untuk menginkatkan page rank, misal : spam, trojan, virus, dll
B. Aturan spesifik
  1. Hindari penggunaan hidden link dan hidden text
  2. Hindari penggunaan website redirect dan trik curang sejenisnya
  3. Hindari penggunaan program query otomatis untuk search engine
  4. Gunakan keyword yang relevant dengan isi website.
  5. Hindari duplicate content, seperti pembangunan lebih dari website dengan content yang sama persis, hal ini justru akan menurunkan peringkat di seach engine.
Demikiaanlah sedikit ulasan tentang bagaimana membangun website yang baik. Jika ada informasi lain yang mungkin kurang silakan di comment, sebagai bahan perbaikan dari artikel ini.

Semoga bermanfaat.


Informasi lain PayPal Sudah Bisa Verifikasi dengan Rekening Bank Lokal, Cerdas Berinternet, Belajar jQuery dan Web Programming
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Membangun Website yang Baik"

Posting Komentar